Inilah 10 Daftar Sekolah Yang Lulusannya Langsung Kerja - No. 3 Paling Terfavorit

Inilah 10 Daftar Sekolah Yang Lulusannya Langsung Kerja - No. 3 Paling Terfavorit

Baca Juga

Tahun ajaran 2016/2017 hampir berakhir, siswa SMA (Sekolah Menengah Atas) maupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebentar lagi akan lulus. Pertanyaannya lantas mau kemana setelah lulus sekolah ? Langsung terjun dunia kerja ? Ataukah kuliah untuk menapaki jenjang pendidikan yang lebih tinggi ?



Dalam hal mencari sekolah dan menentukan masa depan, para siswa SMA maupun SMK harus benar-benar sehat akan informasi. Terutama mengenai informasi Perguruan Tinggi maupun Sekolah Tinggi Kedinasan. Pihak sekolah khususnya BK (Bimbingan Konseling) sebagai tempat layanan siswa disekolah juga diharapkan memiliki pengetahuan tentang informasi-informasi Perguruan Tinggi Kedinasan dan Sekolah Tinggi Kedinasan. Hal ini ditujukan agar siswa mendapatkan gambaran akan cita-cita dan tujuan selanjutnya dalam menentukan masa depan.

Sekolah ikatan dinas yang dimaksud adalah sekolah yang diselenggarakan oleh negara yang bertujuan untuk mencetak sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk mengisi posisi khusus di setiap departemen yang ada di negara Indonesia.

Perlu diketahui bahwa sekolah-sekolah ikatan dinas ini memberikan fasilitas pendidikan beasiswa penuh atau dikenal juga dengan sekolah tinggi kedinasan beasiswa penuh, bahkan jika kita lulus tes dan diterima di sekolah ikatan dinas, siswa akan mendapatkan uang saku untuk biaya hidup. Hal inilah yang menjadikan sekolah ikatan dinas atau sekolah tinggi kedinasan selalu menjadi pilihan utama dari siswa-siswi SMA/SMK kelas XII. Apalagi setelah lulus dari sekolah ikatan dinas maka secara otomatis bisa menjadi pegawai negeri. Sehingga lulusannya tidak perlu lagi bingung untuk mencari pekerjaan lagi.

Berikut ini adalah Daftar Sekolah Tinggi Kedinasan atau Perguruan Tinggi Kedinasan yang masih buka pendaftaran yang kami himpun dari berbagai sumber dan bisa dijadikan referensi untuk melanjutkan kuliah:

1. PKN STAN – Politeknik Keuangan Negara STAN

Ini dia sekolah ikatan dinas yang paling banyak peminatnya, ya… Sekolah Tinggi Akuntasi Negara. PKN-STAN Adalah Sekolah Tinggi Kedinasan yang terkenal dengan lulusannya yang langsung bekerja di perpajakan negara diseluruh wilayah Indonesia. Tak pelak PKN STAN ini menyandang gelar sekolah tinggi kedinasan terbaik. 

Perlu diketahui bahwa sejak dikeluarkannya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 137/PMK.01/2015 tanggal 15 Juli 2015, nama STAN berubah menjadi Politeknik Keuangan Negera STAN. PKN STAN dikenal sebagai salah satu institusi pendidikan yang mampu menghasilkan lulusan handal bagi negeri ini yang siap menjawab tantangan mengelola keuangan negara. 

Nah kalian jangan sampai ketinggalan mengikuti info dari Sekolah Tinggi Kedinasan yang juga memiliki Sekolah tinggi kedinasan bea cukai ini. Alamat sekolah ini ada di Jl. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang. Untuk mengetahui seputar informasi penerimaan siswa baru PKN STAN, silahkan klik di www.stan.ac.id

2. AKMIL – Akademi Militer

Sekolah tinggi kedinasan akmil adalah sekolah tinggi kedinasan pendidikan TNI Angkatan Darat yang mencetak Perwira TNI Angkatan Darat. Bagi kalian yang bercita-cita menjadi perwira calon pemimpin di TNI Angkatan Darat maka inilah akademi yang harus dituju alumnus SMA/SMK. 

Jika diterima di Akademi Militer, maka perjalanan hidup seorang Perwira Remaja baru saja dimulai, perjalanan menjadi perwira yang setia mengabdi pada Bangsa, Negara dan Rakyat Indonesia sebagai Anggota TNI. Seorang Komandan Distrik Militer hingga Panglima TNI, dipastikan pernah mengecap asam manis dan pahit getirnya pendidikan di Akmil. Disana para calon perwira militer ini akan masuk di kawah candradimuka pendidikan militer. 

Alamat Akademi Militer ada di Jl. Gatot Subroto, Magelang, Jawa Tengah. Website resminya www.akmil.ac.id dan untuk mendapatkan informasi pendaftaran online ada di rekrutmen-tni.mil.id

3. AKPOL – Akademi Polisi – Sekolah Tinggi Kedinasan Akpol

Sekolah tinggi kedinasan Akpol merupakan Institusi yang pendidikannya ada di Semarang, Jawa Tengah. Akpol ini khusus buat kalian yang berminat jadi pelindung dan pengayom masyarakat. Ya seorang Polisi, salah satu penegak hukum di negara ini. Menjadi Taruna Akpol, maka masa depan cerah di depan mata. Bayangkan, setelah lulus dari Akpol, secara otomatis langsung tersemat pangkat Inspektur Dua (IPDA) di pundak sebagai perwira pertama Polri. 

Secara berjenjang aluimnus Akpol bisa memegang jabatan sejak Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek), Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Kepala Kepolisian Daerah hingga jabatan tertinggi Kepala Kepolisian RI (Kapolri) yang berpangkat Jenderal Polisi. Yang jelas masa depan cerah didapatkan dengan menjadi perwira polisi. 

Tetapi tentu saja segudang persyaratan harus dipenuhi, mulai dari fisik, kecerdasan dibuktikan dengan nilai UN mumpuni dan segudang prestasi untuk bisa diterima sebagai Taruna Akpol ini. Info selengkapnya tentang Sekolah Tinggi Kedinasan Akpol bisa di lihat di akpol.ac.id

4. STMKG – Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

STMKG adalah sekolah tinggi kedinasan yang berada dibawah naungan Badan Meteorogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Kalian yang suka akan dunia geografi dan fisika serta tentang planet, bumi dan alam semesta. Kemudian ingin bekerja dan berkecimpung didalamnya tidak salah lagi, inilah sekolah tinggi kedinasan beasiswa penuh yang harus  dituju alumnus SMA/SMK. 

Ya… sekolah tinggi kedinasan BMKG, tentunya dengan syarat nilai ujian yang tinggi ditopang tingkat kecerdasan yang memadai. Alumnus STMKG otomatis akan menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) di BMKG yang bisa ditugaskan di seluruh Indonesia.
Alamat : Jalan Perhubungan I No 5, Pondok Betung Tangerang Selatan – Banten
Situs     : stmkg.ac.id

5. AAU – Akademi Angkatan Udara dan AAL – Akademi Angkatan Laut

Nah, AAU salah satu sekolah tinggi kedinasan yg merupakan institusi pendidikan untuk melahirkan calon pemimpin di TNI Angkatan Udara Republik Indonesia. Lulusan AAU otomatis langsung menjadi perwira dengan pangkat Letnan Dua. AAU lokasi pendidikannya ada di Yogyakarta. Para lulusan sekolah tinggi kedinasan AAU sudah dipastikan akan memiliki masa depan cerah karena langsung bekerja pasalnya AAU merupakan sekolah tinggi kedinasan langsung kerja yang melahirkan calon pemimpin di TNI Angkatan Udara Indonesia.  Untuk mengenal lebih dalam tentang AAU kalian bisa mengunjungi situs resminya di aau.ac.id

Sekolah tinggi kedinasan langsung kerja yang satu ini juga tidak kalah menariknya dengan AAU. Jika lulusan SMA/SMK mempunyai cita-cita dan keinginan menjadi perwira calon pemimpin di TNI Angakatan Laut, inilah akademi yang harus dituju. 

Akademi Angkatan Laut yang merupakan sekolah tinggi kedinasan yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Untuk lebih tahu jauh mengenai informasi AAL, kalian bisa mengunjungi aal.ac.id. Pendaftaran biasanya dibuka sekita bulan Maret sampai Mei tiap tahunnya. Perlu kami ingatkan kembali bahwa Sekolah tinggi kedinasan yang satu ini juga merupakan Sekolah tinggi kedinasan langsung PNS.

Pendaftaran Online Sekolah tinggi kedinasan AAU dan AAL bisa dilakukan di  rekrutmen-tni.mil.id

6. STSN – Sekolah Tinggi Sandi Negara

Adalah Perguruan Tinggi Kedinasan Nasional yang diselenggarakan oleh Lembaga Sandi Negara berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2003 tentang Pendirian Sekolah Tinggi Sandi Negara. Mahasiswa STSN merupakan Mahasiswa Ikatan Dinas (dari umum) dan Mahasiswa Tugas Belajar.

STSN berlokasi di Bogor, Jawa Barat. Di sini beban studi yang harus diselesaikan adalah 146 SKS dan ditempuh selama 4 tahun. STSN mempunyai dua Prodi yaitu Prodi Teknik Persandian dan Prodi Manajemen Persandian. Prodi Teknik Persandian memiliki dua bidang minat yaitu Teknik Kripto dan Teknik Rancang Bangun Peralatan Sandi. Pendaftaran online sekolah tinggi kedinasan ini dibuka sekitar bulan Maret sampai April tiap tahunnya.

Informasi lengkapnya mengenai sekolah tinggi kedinasan nasional STSN bisa di akses di stsn-nci.ac.id 

7. STIS – Sekolah Tinggi Ilmu Statistik


Sekolah tinggi kedinasan langsung kerja yang satu ini bernaung di bawah Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia, lulusan STIS akan diangkat sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di BPS. Nah, bagi kalian yang tertarik di bidang statistik bisa daftar menjadi siswa STIS di Jakarta. 

Institusi ini beralamat di Jl. Otto Iskandar Dinata no 64C Jakarta. Pendaftaran online sekolah tinggi kedinasan langsung kerja yang satu ini biasanya dibuka sekitar bulan Maret sampai April tiap tahunnya. Alumnus sekolah ini bakal bekerja di BPS dengan masa depan cerah, tidak kalah dengan menjadi PNS di instansi lain. Yang jelas, syarat untuk menjadi siswa STIS juga tidaklah mudah, butuh nilai UN tinggi dan memiliki otak brilliant agar bisa diterima. Informasi lengkap mengenai sekolah tinggi kedinasan STIS bisa di akses di stis.ac.id.

8. IPDN – Institut Pemerintahan Dalam Negeri

IPDN atau dulu dikenal dengan STPDN (Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri) yang terkenal gara-gara banyaknya kasus tindak kekerasan antar praja dilingkungan kampusnya.

Sekarang  jika dilihat suasananya sudah adem ayem dan baik-baik saja, jadi alumni SMA/SMK nggak usah takut lagi untuk mendaftar di sini ! IPDN yang berada di Jatinangor, Jawa Barat milik Kementerian Dalam Negeri yang lulusannya otomatis jadi PNS di Kemendagri, karena perguruan tinggi kedinasan STPDN merupakan salah satu sekolah tinggi kedinasan favorit yang ada di Indonesia.

Sekedar info saja buat kalian, Masuknya juga susah karena harus melalui banyak tes, biasanya hanya diambil 2 orang tiap kabupaten di seluruh Indonesia. Tapi jangan takut, yakin saja pada kemampuan diri sendiri. Pendaftarannya biasanya sekitar bulan Juni sampai Juli.

Informasi lengkap mengenai IPDN bisa di lihat di ipdn.ac.id dan ipdn.kemendagri.go.id dan Informasi pendaftaran bisa di lihat di http://spcp.ipdn.ac.id/spcp

9. STIN – Sekolah Tinggi Intelijen Negara

STIN termasuk ke dalam sekolah tinggi kedinasan nasional.
Sekolah tinggi kedinasan STIN berada dibawah naungan Badan Intelijen Negara. Buat kalian yang suka sama film-film aksi seperti Mission Imposible atau film aksi lainnya yang berkaitan dengan yang namanya Intel, sekolah tinggi kedinasan STIN adalah tempatnya. 

Namun, kalian harus siap tidak dikenal, tidak terkenal bahkan tidak diketahui keberadaannya. Hehe, namanya juga intel. Tapi kalian jangan khawatir sekolah tinggi kedinasan yang satu ini juga merupakan sekolah tinggi kedinasan langsung kerja jika sudah lulus pendidikan. Sekolah yang masuk dalam jenis Perguruan tinggi kedinasan ini berada di daerah Sentul Bogor, Jawa Barat. Untuk informasi selengkapnya bisa di akses di situs resmi Sekolah tinggi kedinasan STIN www.stin.ac.id

10. STPN – Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional

Sekolah tinggi kedinasan STPN beralamat di Jl. Titibumi, Banyuraden, Gamping Kabupaten Sleman, DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta). STPN ini adalah sebuah perguruan tinggi kedinasan yang ada di Indonesia yang diselengarakan oleh Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia. Informasi lengkapnya sekolah tinggi kedinasan STPN dapat di akses di www.stpn.ac.id

Nah, itulah 10 Sekolah Ikatan Dinas Favorit yang dapat kami sajikan. Bagi teman-teman kelas XII SMA/SMK yang ingin masuk sekolah sekolah tinggi kedinasan langsung kerja atau perguruan tinggi langsung PNS silahkan untuk mempersiapkan diri sejak dini untuk belajar, berlatih dan berprestasi guna menyongsong pendaftaran dan tes masuk Sekolah Ikatan Dinas. Semangat dan sukses selalu.

Source : infogunungkidul.com

Related Posts

Inilah 10 Daftar Sekolah Yang Lulusannya Langsung Kerja - No. 3 Paling Terfavorit
4/ 5
Oleh