Gejala Awal Penyakit Jantung yang Perlu Diwaspadai

Gejala Awal Penyakit Jantung yang Perlu Diwaspadai

Baca Juga

Penyakit jantung telah menjadi penyakit yang paling mematikan di seluruh dunia. Penyakit ini dapat menyerang setiap orang secara tiba-tiba. Akan tetapi, sebenarnya penyakit ini menyerang tubuh secara perlahan.


Untuk mewaspadainya, berikut beberapa tanda yang dapat Anda waspadai agar dapat menghindari terkena serangan jantung sedini mungkin, seperti dilansir dari Boldsky, Kamis (20/8).

1. Nyeri Dada

Ini adalah salah satu gejala yang paling penting dari penyakit jantung yang sering kita abaikan. Jika Anda merasa tekanan di bawah tulang dada, jangan diabaikan dan segera periksakan ke dokter.

2. Mendengkur Berlebihan 

Sebaiknya Anda juga jangan mengabaikan hal ini. Karena mendengkur berlebihan juga bisa terjadi akibat kesulitan saat bernapas yang menunjukkan ada sesuatu tidak beres pada dada Anda.

3. Cemas Berlebihan.

Anda mungkin berpikir ini hanya masalah mental. Tetapi jika Anda sering panik dan cemas atas hal-hal kecil, itu akan menciptakan tekanan yang besar pada jantung Anda hingga dapat membuat kesehatan Anda berbahaya.

4. Sesak Nafas.

Jika Anda terasa sulit untuk bernapas normal dan Anda harus bernapas melalui mulut, mungkin itu menjadi tanda sedang terjadi masalah dengan jantung Anda. Ada baiknya segera periksa ke dokter.

5. Batuk Berlebihan.  

Jika Anda batuk terus menerus atau bahkan mengeluarkan darah atau dahak, dapat dipastikan itu adalah gejala penyakit jantung. Hal ini terjadi karena akumulasi cairan di paru-paru.

6. Sering Merasa Lelah dan Lesu.


Biasanya, rasa kelelahan terutama pada wanita merupakan gejala pertama dari penyakit jantung. Sering merasa pusing serta penglihatan berkurang juga bisa jadi gejala berikutnya dari adanya penyakit jantung.

7. Tidak Sadarkan Diri.

Pernahkah Anda tiba-tiba tak sadarkan diri di tengah-tengah pekerjaan Anda? Ini mungkin merupakan gejala penyakit jantung. Segera periksakan untuk mendapatkan kepastian.

8. Berkeringat Berlebihan. 

Ini adalah tanda bahwa Anda mengalami penyakit jantung. Jika Anda berkeringat secara tiba-tiba, ada baiknya Anda segera memeriksakannya ke dokter terdekat. Bisa saja, ada yang tidak baik terjadi pada tubuh Anda.

9. Detak Jantung Tidak Teratur.

Jika denyut nadi Anda sering tidak teratur, padahal Anda tidak melakukan aktivitas berat, kemungkinan Anda berada pada risiko terkena serangan jantung atau stroke. Biasanya, detak jantung normal akan berjalan secara teratur sesuai dengan aktivitas yang Anda lakukan.

10. Pembengkakan di Beberapa Bagian Tubuh.

Akumulasi cairan darah dalam tubuh yang tidak teratur dapat menyebabkan pembekakan pada bagian tubuh, seperti sendi lengan dan kaki. Jika Anda mengalami hal-hal seperti ini, ada baiknya Anda melakukan konsultasi ke dokter.

Sumber : analisadaily.com

Related Posts

Gejala Awal Penyakit Jantung yang Perlu Diwaspadai
4/ 5
Oleh